Manfaat Kunyit Untuk Nyeri Sendi

Manfaat Kunyit Untuk Nyeri Sendi

Manfaat Kunyit Untuk Nyeri Sendi – Rasa nyeri yang terjadi pada tubuh tentunya dapat diakibatkan oleh adanya aktivitas sehari-hari yang berat. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa nyeri sendi bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja.

Bagi orang lanjut usia, nyeri sendi yang terjadi terhadap tubuh mereka karena tubuhnya sudah lambat dalam memproduksi sel-sel baru. Pada saat anda memasuki usia lanjut, biasanya nyeri sendi akan menjadi suatu hal yang umum.

92 - Manfaat Kunyit Untuk Nyeri Sendi

Terdapat banyak kondisi berbeda-beda yang bisa menyebabkan nyeri sendi, mulai dari bursitis, asam urat, keseleo, rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dan juga cedera lainnya. Bagi mereka yang sudah memasuki lanjut usia, mereka lebih memilih pengobatan alternatif dibandingkan dengan obat-obatan dari dokter. Lantas adakah pengobatan alami yang bisa meredakan nyeri sendi ?

Manfaat Kunyit Untuk Nyeri Sendi

Pengobatan alternatif untuk mengatasi nyeri sendi sangatlah beragam, seperti kayu putih, teh hijau, jahe, gel lidah buaya, kunyit, dan masih banyak lainnya. Namun, disini kami akan membahas Manfaat Kunyit Untuk Nyeri Sendi. 

Curcuma longa atau sering biasa disebut dengan nama kunyit ini sangatlah mudah ditemukan, karena biasa dijadikan sebagai bumbu masak di dapur. Tidak hanya itu saja, kunyit ini juga sering digunakan sebagai jamu, seperti untuk pengobatan tradisional flu tulang atau meredakan nyeri sendi pada saat haid.

Terdapat beberapa penelitian telah menemukan dan membuktikan bahwa penggunaan tanaman kunyit untuk mengatasi nyeri sendi lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan bahan-bahan kimia. Bukan hanya karena alami, tetapi efek yang dihasilkan dari kunyit ini akan sangat bertahan lebih lama dari efek obat kimia. Berikut ini adalah beberapa Manfaat Kunyit Untuk Nyeri Sendi, diantaranya :

1. Memiliki Kandungan Antioksidan

Kandungan antioksidan ini yang dapat menetralisir bahan kimia yang masuk ke dalam sistem peredarahn darah di dalam tubuh. Oleh karena itu, pada saat terjadinya kerusakan sel yang sehat dalam tubuh akan dapat dicegah oleh kandungan antioksidan kunyit ini.

Kandungan antioksidannya juga sangat berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel sehat, penurunan sistem imun dan juga menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada sendi.

Selain itu, kandungan anitoksidan di dalam tanaman kunyit ini juga berperan untuk membantu memperkuat tulang. Terutama tulang rawan dan juga meningkatkan sistem imun dalam tubuh, sehingga nyeri sendi dapat dicegah.

2. Memiliki Kandungan Curcumin

Tidak hanya kandungan antioksidan yang terdapat di dalam tanaman kunyit ini, kandungan curcumin yang ada di dalam tanaman ini sangat dapat membantu mengatasi nyeri sendi. Kandungan curcumin ini dapat berfungsi sebagai zat anti radang. Dengan adanya zat anti radang ini, tanaman kunyit memiliki khasiat untuk mengurangi rasa sakit atau pun ngilu yang timbul pada saat nyeri sendi.

Kandungan curcumin ini juga akan membantu mengurangi timbulnya rasa ngilu yakni dengan cara mengendalikan zat protein yang bisa menyebabkan terjadinya nyeri sendi pada tubuh.

Kadar histamin yang ada dalam tubuh dapat dibantu diturunkan oleh kandangan curcumin yang ada dalam kunyit. Selain hal tersebut, kandungan curcumin ini bisa membantu memicu produksi hormon di dalam tubuh yang berfungsi untuk meredakan peradangan yang terjadi pada sendi.

Penjelasan tersebut sudah berdasarkan fakta secara nyata yang terjadi di lapangan. Hal itu dibuktikan oleh jurnal penelitian yang bernama Phytotherapy menerbitkan sebuah studi yang menunjukan kunyit lebih efektif dibandingkan obat anti-inflamasi. Di dalam studi tersebut dinyatakan bahwa penderita yang mengkonsumsi kunyit selama delapan pekan mengalami penurunan 44% dalam gejala nyeri.

Cara Mengolah Kunyit Untuk Nyeri Sendi

Banyak cara untuk mengolah tanaman kunyit ini dalam mengatasi nyeri sendi. Bisa dicampurkan dengan bahan alami lainnya atau pun hanya kunyit itu sendiri. Akan tetapi, disini kami akan memberikan cara mengolah kunyit tanpa menggunakan bahan lainnya.

Bahan :

– Air 1 liter

– Kunyit secukupnya

Cara Pengolahan :

– Pertama, rebus air tersebut dan satu sendok makan bubuk kunyit ke dalam panci.

– Kemudian, aduk hingga merata dan kecilnya api hingga 10 menit lamanya.

– Setelah itu, angkat ramuan tersebut dari kompor, dan diamkan terlebih dahulu sampai lebih dingin atau terasa  panas kuku.

– Terakhir, minumlah selagi hangat dan lakukan cara ini setiap hari agar nyeri sendi dapat cepat hilang. Akan tetapi hindari penggunaan jangka panjang karena tetap saja terdapat efek samping minum air kunyit setiap harinya.

Itulah informasi kesehatan tentang Manfaat Kunyit Untuk Nyeri Sendi yang patut anda ketahui. Selain dengan cara alami tersebut, terdapat juga produk herbal yang sudah terbukti khasiat nya yang mampu membantu mengatasi nyeri sendi hingga ke akar-akarnya. Produk herbal tersebut bernama Obat Herbal Sehat Sendi. Apabila anda ingin mengetahui lebih detail mengenai produk tersebut baik mengenai cara pemesanan, testimoni, atau pun harga, silahkan klik tautan disini –> Obat Nyeri Sendi Tradisional

Baca Juga :

Obat Nyeri Sendi Tradisional “TERLARIS”

Posted by : Obat Nyeri Sendi Tradisional “TERLARIS”

Manfaat Kunyit Untuk Nyeri Sendi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*