Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi

Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi

Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi – Nyeri sendi merupakan rasa sakit yang terjadi pada bagian tubuh yang menghubungkan antara tulang dengan tulang, sehingga menyebabkan pergerakan dan juga kualitas hidup penderitanya menjadi terganggu.

84 - Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi

Kondisi dari nyeri sendi tentu saja dapat berlangsung singkat atau bahkan lama. Rasa sakit yang timbul biasanya tergantung dari penyebab, mulai dari ringan, menengah, sampai berat.

Biasanya, nyeri sendi dapat disebabkan oleh adanya cedera yang terjadi pada ligamen, tulang rawan, tendon, bursa, atau juga tulang-tulang di sekitaran sendi. Menurut beberapa kasus yang sudah terjadi, nyeri sendi ini dikelompokan menjadi dua, yakni nyeri sendi pada satu sendi dan nyeri pada beberapa sendi.

Untuk menghindari rasa nyeri yang terjadi pada sendi, sebaiknya menghindari aktivitas-aktivitas atau pun gerakan-gerakan yang melibatkan sendi-sendi yang sedang nyeri. Akan tetapi, Pengobatan nyeri sendi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi.

Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi

Mulai dari sekarang, bagi anda yang senang melakukan aktivitas fisik, seperti berenang, aerobik, jogging, dan lain sebagainya, sudah tidak perlu khawatir lagi akan masalah terhadap sendi-sendi anda.

Dikarenakan terdapat beberapa pilihan-pilihan makanan yang dapat membantu kesehatan sendi anda agar dapat bergerak atau melakukan aktivitas secara bebas menurut apa yang anda sukai.

Makanan yang dimaksud adalah makanan yang memiliki kandungan antioksidan. Radikal bebas yang dapat mengganggu sendi anda serta membuat sendi anda bermasalah, dapat diatas oleh antioksidan ini. Kandungan antioksidan ini dapat ditemui di dalam makanan-makanan yang mengandung selenium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin E.

Makanan-makanan yang mengandung komponen tersebut dipercaya dan diyakini mampu membantu melawan radikal bebas yang dapat mengganggu sendi anda. Tidak hanya itu saja, omega-3s juga ternyata mampu membantu menurunkan risiko pembengkakan atau masalah-masalah lain pada sendi anda.

Selain omega-3s dan vitamin-vitamin tersebut, anda juga memerlukan kandungan vitamin D agar dapat membantu kesehatan sendi sekaligus tulang anda. Kandungan kalsium dari makanan atau minuman yang masuk ke tubuh anda, dibantu diserap oleh vitamin D ini. Anda penasaran apa saja makanan-makanan tersebut ? Simak informasi lebih lanjutnya di bawah ini.

Berikut ini merupakan makanan-makanan yang secara detail mampu membantu anda masalah kesehatan sendi, diantaranya :

1. Kunyit

Yang pertama adalah kunyit. Kunyit sendiri merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia serta sangat mudah didapatkan. Kandungan kurkumin yang senantiasa membantu mengatasi peradangan, terdapat di dalam kunyit ini.

Apabila anda termasuk seseorang yang tidak suka mengkonsumsi kunyit secara langsung, anda dapat menggantinya dengan memakan bubuk kari, karena warna kuning dari kari sendiri di dapat dari kunyit. Tidak hanya itu saja, anda juga dapat menggantikan kunyit dengan jahe atau pun cinnamon (kayu manis).

2. Cabe Merah

Bagi anda yang menyukai pedas, anda mendapatkan kabar gembira. Cabai merah ternyata termasuk ke dalam makanan yang mampu membantu mengatasi nyeri sendi. Hal tersebut dikarenakan cabai merah memiliki kandungan vitamin C.

Kandungan vitamin C ini dapat membentuk kolagen. Kolagen sendiri merupakan bagian dari tendon, ligamen, serta tulang lunak yang menjadi bantalan untuk sendi anda dan merekatkan sendi anda. Selain cabe merah, anda juga tentu saja bisa mengkonsumsi makanan lainnya yang mengandung vitamin C seperti nanas, tomat, dan juga jeruk.

3. Kacang Walnut

Makanan untuk penderita nyeri sendi selanjutnya adalah kacang walnut. Kacang walnut sendiri memiliki beberapa nutrisi yang sangat baik untuk mencegah terjadinya peradangan, seperti asam lemak dan omega-3.

Akan tetapi perlu diingat juga bahwa, walaupun kacang walnut atau jenis-jenis kacang-kacangan yang lain berguna untuk sendi anda, makanan-makanan ini juga tinggi kalori, sehingga anda harus pintar-pintar dalam mengkonsumsinnya agar tidak terkena penyakit lain.

4. Buah Ceri

Buah mungil yang sering dijadikan sebagai hiasan kue ini memiliki warna yang sangat tajam. Bahan kimia yang alami pada tanaman yang bernama anthocyanins inilah yang membuat buah ceri memiliki warna tersebut.

Menurut beberapa penelitian telah menunjukan bahwa buah ceri segar atau pun jus ceri mampu membantu melawan peradangan. Selain untuk nyeri sendi, buah ceri juga sering dikait-kaitkan dengan penyakit encok. Selain buah ceri, terdapat beberapa makanan sehat seperti blackberry, buah delima, atau buah bluberi. 

5. Oatmeal

Makanan gandum utuh seperti oatmeal ini ternyata dapat meringankan peradangan. Namun, makanan seperti tepung putih, justru dapat mengakibatkan peradangan. Ketika melakukan aktivitas fisik, memang hal tersebut akan membuat tulang dan jgua otot anda menjadi kuat.

Namun, secara bersamaan, hal tersebut juga menyebabkan sendi anda menjadi tegang. Oleh karena itu, bagi anda yang beraktivitas fisik, makanan bukan saja berfungsi untuk mengisi energi, akan tetapi juga untuk tahap pemulihan dan penyembuhan.

Oleh sebab itu, daripada anda mengisi energi anda dengan nasi goreng yang memakai sosis, sebaiknya mengkonsumsi oatmeal denga buah, yoghurt, dan juga kacang-kacangan. Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi nasi merah sebagai ganti oatmeal.

6. Salmon

Salah satu hal yang dipikirkan oleh anda mungkin ikan salmon ini tidak termasuk ke dalam makanan yang dapat membantu kesehatan sendi anda bukan. Namun menurut fakta, ikan salmon ini merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk kesehatan sendi anda.

Selain itu, ikan salmon ini juga mengandung vitamin D serta kalsium yang dapat membuat tulang anda tetap kuat. Seperti yang sudah disebutkan, kandungan omega-3s dapat membantu kesehatan sendi, dan hal tersebut terdapat di dalam ikan salmon ini.

Manfaat lain dari mengkonsumsi ikan salmon ini adalah anda akan tetap mengkonsumsi daging tanpa menyebabkan masalah pada sendi anda seperti iga babi. Tidak hanya salmon, anda juga tentu dapat mengkonsumsi buah yoghurt atau susu yang tanpa lemak. Karena susu tersebut memiliki kandungan kalsium serta vitamin D yang cukup tinggi.

7. Kale

Sayuran kale ini termasuk ke dalam daun hijau seperti sayuran brokoli dan juga bok choy, yang kaya akan nutrisi dan dapat membantu kesehatan sendi anda termasuk, antioksidan, vitamin C, dan juga beta karoten. Sayuran kale sendiri juga kaya akan kalsium, yang dapat menguatkan tulang anda.

Tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan-makanan di atas saja anda akan dapat sembuh dari penyakit nyeri sendi ini. Anda juga tetap harus melakukan pola hidup sehat lainnya seperti berolahraga dan mengkonsumsi suplemen atau pun vitamin tambahan agar dapat memperkuat sendi dan tulang anda.

Itulah beberapa informasi mengenai Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi yang harus anda ketahui. Sebelum, mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, pastikan anda sudah melakukan konsultasi dengan ahlinya. Anda ingin sembuh dan terhindar dari nyeri sendi ini dengan cepat dan alami ? Jika iya, kami akan memberikan solusi yang direkomendasikan oleh para ahli dengan produk herbal.

Produk herbal tersebut bernama Obat Herbal Sehat Sendi. Terbuat dari 100% bahan-bahan alami pilihan yang berkualitas, sehingga terbebas dari pengaruh atau campuran bahan kimia berbahaya atau lainnya. Selain khasiatnya yang sudah terbukti, Produk herbal ini juga telah mendapatkan legalitas izin edar dari BPOM-RI dengan no. registrasi TR 173306941 dan bersertifikat HALAL dari MUI. Agar mengetahui informasi lebih lanjut seputar produk tersebut, cara pemesanan, dan juga testimoni nya, silahkan klik tautan disini –> Obat Nyeri Sendi Tradisional

Artikel Terkait :

Obat Nyeri Sendi Tradisional “TERLARIS”

Posted by : Obat Nyeri Sendi Tradisional “TERLARIS”

Makanan Untuk Penderita Nyeri Sendi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*